PENGANTAR ABK AKSI NYATA : KERAGAMAN PESERTA DIDIK - Munasir
JURNAL PEMBELAJARANKU – PENGANTAR ABK
AKSI NYATA : KERAGAMAN PESERTA DIDIK
Oleh
MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I
PPG GURU TERTENTU 2024
LPTK UNIVERSITAS BUNG HATTA
Jl. Sumatera Ulak Karang Padang, Sumatera Barat 25133
KERAGAMAN PESERTA DIDIK
A.
Mulai dari Diri: Apa yang
Membuat Keragaman Peserta Didik Begitu Menarik?
Setelah mengikuti tayangan video Sekolah Hutan diatas, jawablah
pertanyaan berikut:
1.
Apa kesimpulan yang dapat Bapak/Ibu
petik dari kondisi
akhir bebek dan anjing- anjing padang rumput ?
Jawaban
: Menurut saya Bebek
sudah berusaha semaksimal mungkin akan tetapi ia belum berhasil dalam lomba
lari, disatu sisi anjing padang rumput tidak mau bersekolah karena kurikulum
tidak sesuai. Jika dianalogikan dalam kehidupan murid, maka setiap murid memiliki
potensi yang berbeda-beda sehingga tidak sama. sehingganya sebagai seorang guru,
kita mesti berusaha untuk memahami latar belakang, kemampuan, kebutuhan khusus,
serta gaya belajar setiap murid.
2. Tuliskan pengalaman
Bapak/ Ibu guru terkait keragaman peserta didik di kelas
Jawaban : Dalam pengalaman
saya, saya sempat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terkait keragaman
kelas, khususnya keragaman gaya belajar murid. Murid saya berikan link youtube
untuk kemudian murid dengan gaya belajar visual dalam menjelaskan konsep. Untuk
murid dengan gaya belajar auditori saya minta untuk menjabarkan secara verbal
dan diskusi, bagi murid dengan gaya belajar kinestetik saya gunakan aktivitas
fisik, sedangkan untuk murid dengan gaya belajar reading/ writing saya
menyediakan teks artikel dalam pembelajaran etika berinternet pada mata
pelajaran Pendidikan Pancasila.
3. Apa yang Bapak/Ibu guru lakukan ketika menghadapi kelas yang beragam?
Jawaban
: Langkah yang akan saya lakukan ketika ketika menghadapi kelas yang beragam adalah Saya akan merancang
rencana pelajaran yang fleksibel dengan menyesuaikan konten, proses, dan produk
pembelajaran berdasarkan kebutuhan individual Murid. Misalnya, menyediakan
materi yang beragam dalam bentuk teks, gambar, dan audio untuk memenuhi
berbagai gaya belajar.
4. Bagaimana
Bapak/ Ibu guru memastikan pengajaran yang dilakukan dapat mengakomodasi/
menyesuaikan keragaman peserta didik?
Jawaban
: Untuk memastikan pengajaran yang dilakukan dapat mengakomodasi/
menyesuaikan keragaman peserta didik maka sebagai seorang guru, saya melakukan
asesmen awal untuk memahami tingkat kemampuan, kebutuhan, dan gaya belajar Murid.
5. Bagaimana
Bapak/ Ibu guru mendorong seluruh peserta didik dengan keragamannya untuk
berpartisipasi aktif dalam pembelajaran?
Jawaban
: Untuk mendorong seluruh peserta didik dengan keragamannya untuk
berpartisipasi aktif dalam pembelajaran Saya menciptakan ruang belajar yang nyaman dengan
membuat kesepakatan kelas, bahwa di dalam kelas harus menerapkan
aturan kelas yang adil, mendukung keterbukaan, dan menanamkan nilai-nilai
toleransi serta kerjasama.
B.
Aksi Nyata: Apakah
Implementasi Lebih Bernilai Daripada Teori?
Pada akhir pembelajaran topik tentang
keberagaman peserta didik dan akomodasi yang layak dalam pembelajaran, rancang
ringkasan (bisa berupa poster, mind map, infografis, atau notulensi kreatif).
Berikutnya,
mari merefleksikan pembelajaran terkait keberagaman peserta didik dan akomodasi
yang layak ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Pemahaman
baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari konsep keberagaman peserta didik
dan akomodasi yang layak?
Jawaban
: Yang saat ini dapat saya pahami adalah bahwa kita sebagai guru perlu
menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik untuk
memastikan inklusi dan efektivitas pembelajaran
2. Bagian
manakah dari konsep keberagaman peserta didik yang paling menantang?
Jawaban
: Menurut saya bagian yang paling menantang adalah mengidentifikasi
kebutuhan spesifik setiap peserta didik dan menyediakan akomodasi yang sesuai
tanpa mengurangi kualitas pembelajaran.
3. Hal-hal
lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait dengan keberagaman peserta
didik dan akomodasi yang layak?
Jawaban
: Saya ingin belajar lebih lanjut tentang metode yang praktis dalam mengimplementasikan
akomodasi untuk Murid dalam lingkungan kelas yang beragam.
Saya mendapatkan pencerahan. Aksi nyata tersebut dalam mengimplementasikan teori keberagaman peserta didik sangat menginspirasi serta menunjukkan komitmen terhadap pendidikan inklusif
BalasHapusUpaya yang sudah dilakukan dalam mengimplementasi teori keberagaman peserta didik luar biasa & menginspirasi
BalasHapusAksi nyata yang dilakukan oleh pak Munasir dalam mengimplementasikan teori tentang keberagaman peserta didik sangat menginspirasi. Hal ini tentunya dapat menunjukkan komitmennya menciptakan sebuah lingkaran belajar sesuai kebutuhan belajar siswa.
BalasHapus