PENGANTAR ABK AKSI NYATA : KERAGAMAN PESERTA DIDIK - Munasir

 

JURNAL PEMBELAJARANKU – PENGANTAR ABK

AKSI NYATA : KERAGAMAN PESERTA DIDIK

 

 

 

 


  

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 


Oleh

MUNASIR MUTAROPAH, S.Pd.I

PPG GURU TERTENTU 2024

 

 

 

 

 

LPTK UNIVERSITAS BUNG HATTA

Jl. Sumatera Ulak Karang Padang, Sumatera Barat 25133






TOPIK 1

KERAGAMAN PESERTA DIDIK

 

 

A.    Mulai dari Diri: Apa yang Membuat Keragaman Peserta Didik Begitu Menarik?

Setelah mengikuti tayangan video Sekolah Hutan diatas, jawablah pertanyaan berikut:

1.     Apa kesimpulan yang dapat Bapak/Ibu petik dari kondisi akhir bebek dan anjing- anjing padang rumput ?

Jawaban : Menurut saya Bebek sudah berusaha semaksimal mungkin akan tetapi ia belum berhasil dalam lomba lari, disatu sisi anjing padang rumput tidak mau bersekolah karena kurikulum tidak sesuai. Jika dianalogikan dalam kehidupan murid, maka setiap murid memiliki potensi yang berbeda-beda sehingga tidak sama. sehingganya sebagai seorang guru, kita mesti berusaha untuk memahami latar belakang, kemampuan, kebutuhan khusus, serta gaya belajar setiap murid.

 

2.     Tuliskan pengalaman Bapak/ Ibu guru terkait keragaman peserta didik di kelas

Jawaban : Dalam pengalaman saya, saya sempat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi terkait keragaman kelas, khususnya keragaman gaya belajar murid. Murid saya berikan link youtube untuk kemudian murid dengan gaya belajar visual dalam menjelaskan konsep. Untuk murid dengan gaya belajar auditori saya minta untuk menjabarkan secara verbal dan diskusi, bagi murid dengan gaya belajar kinestetik saya gunakan aktivitas fisik, sedangkan untuk murid dengan gaya belajar reading/ writing saya menyediakan teks artikel dalam pembelajaran etika berinternet pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

 

3.     Apa yang Bapak/Ibu guru lakukan ketika menghadapi kelas yang beragam?

Jawaban : Langkah yang akan saya lakukan ketika ketika menghadapi kelas yang beragam adalah Saya akan merancang rencana pelajaran yang fleksibel dengan menyesuaikan konten, proses, dan produk pembelajaran berdasarkan kebutuhan individual Murid. Misalnya, menyediakan materi yang beragam dalam bentuk teks, gambar, dan audio untuk memenuhi berbagai gaya belajar.

 

4.     Bagaimana Bapak/ Ibu guru memastikan pengajaran yang dilakukan dapat mengakomodasi/ menyesuaikan keragaman peserta didik?

Jawaban : Untuk memastikan pengajaran yang dilakukan dapat mengakomodasi/ menyesuaikan keragaman peserta didik maka sebagai seorang guru, saya melakukan asesmen awal untuk memahami tingkat kemampuan, kebutuhan, dan gaya belajar Murid.

 

5.     Bagaimana Bapak/ Ibu guru mendorong seluruh peserta didik dengan keragamannya untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran?

Jawaban : Untuk mendorong seluruh peserta didik dengan keragamannya untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran Saya menciptakan ruang belajar yang nyaman dengan membuat kesepakatan kelas, bahwa di dalam kelas harus menerapkan aturan kelas yang adil, mendukung keterbukaan, dan menanamkan nilai-nilai toleransi serta kerjasama.

 

B.    Aksi Nyata: Apakah Implementasi Lebih Bernilai Daripada Teori?

Pada akhir pembelajaran topik tentang keberagaman peserta didik dan akomodasi yang layak dalam pembelajaran, rancang ringkasan (bisa berupa poster, mind map, infografis, atau notulensi kreatif).

Berikutnya, mari merefleksikan pembelajaran terkait keberagaman peserta didik dan akomodasi yang layak ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut:

1.     Pemahaman baru apa yang Anda dapatkan setelah mempelajari konsep keberagaman peserta didik dan akomodasi yang layak?

Jawaban : Yang saat ini dapat saya pahami adalah bahwa kita sebagai guru perlu menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan peserta didik untuk memastikan inklusi dan efektivitas pembelajaran

2.     Bagian manakah dari konsep keberagaman peserta didik yang paling menantang?

Jawaban : Menurut saya bagian yang paling menantang adalah mengidentifikasi kebutuhan spesifik setiap peserta didik dan menyediakan akomodasi yang sesuai tanpa mengurangi kualitas pembelajaran.

3.     Hal-hal lain apakah yang ingin Anda pelajari lagi terkait dengan keberagaman peserta didik dan akomodasi yang layak?

Jawaban : Saya ingin belajar lebih lanjut tentang metode yang praktis dalam mengimplementasikan akomodasi untuk Murid dalam lingkungan kelas yang beragam.

 

Komentar

  1. Linggar Satrio Jase Guru PAII5 September 2024 pukul 17.20

    Saya mendapatkan pencerahan. Aksi nyata tersebut dalam mengimplementasikan teori keberagaman peserta didik sangat menginspirasi serta menunjukkan komitmen terhadap pendidikan inklusif

    BalasHapus
  2. Ridho priatmoko - guru PJOK5 September 2024 pukul 17.22

    Upaya yang sudah dilakukan dalam mengimplementasi teori keberagaman peserta didik luar biasa & menginspirasi

    BalasHapus
  3. Amiruddin - Kepala UPT SDN 2 Rantautijang5 September 2024 pukul 17.24

    Aksi nyata yang dilakukan oleh pak Munasir dalam mengimplementasikan teori tentang keberagaman peserta didik sangat menginspirasi. Hal ini tentunya dapat menunjukkan komitmennya menciptakan sebuah lingkaran belajar sesuai kebutuhan belajar siswa.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Komponen dalam Pembelajaran Berdiferensiasi - Munasir